Manajemen Pendidikan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Nusa Tenggara Timur
Wehelmina Lodia Kause
Bappelitbangda Provinsi Nusa Tenggara Timur
Sirilus M. Lelan
Bappelitbangda Provinsi Nusa Tenggara Timur
Abstrak
Kajian ini bertujuan mendeskripsikan proses manajemen pendidikan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan yang meliputi perencanaan pendidikan, pengorganisasian pendidikan, penggerakan pendidikan dan pengawasan pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan pengambilan informan secara purposive sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, focus discussion group (FGD) dan studi dokumenter. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa perencanaan analisis kebutuhan guru belum didukung dengan data yang lengkap, pengorganisasian Nusa Tenggara Timur terlampau besar, penggerakan berupa motivasi guru Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Nusa Tenggara Timur cukup tinggi serta pengawasan masih terbatas baik dari aspek kuantitas maupun kualitas.
Kata Kunci: Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, Pengawasan
Full Text