Manajemen Pendidikan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Wehelmina Lodia Kause

Bappelitbangda Provinsi Nusa Tenggara Timur

Sirilus M. Lelan

Bappelitbangda Provinsi Nusa Tenggara Timur

Abstrak

Kajian ini bertujuan mendeskripsikan proses manajemen pendidikan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan  yang meliputi perencanaan pendidikan, pengorganisasian pendidikan, penggerakan pendidikan dan pengawasan pendidikan di  Provinsi Nusa Tenggara Timur.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif dengan pengambilan informan secara purposive sampling.  Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, focus discussion group (FGD) dan studi dokumenter. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa perencanaan analisis kebutuhan guru  belum didukung dengan data yang lengkap, pengorganisasian Nusa Tenggara Timur  terlampau besar, penggerakan berupa  motivasi guru Sekolah Menengah Atas/Sekolah  Menengah Kejuruan  di Provinsi Nusa Tenggara Timur  cukup tinggi  serta pengawasan masih terbatas baik dari aspek kuantitas maupun kualitas.

Kata Kunci: Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, Pengawasan

Full Text

PDF

DOI: https://doi.org/10.23960/administratio.v11i2.141